Perwakilan UNMER Malang Ikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi

D3 Bahasa Inggris Unmer Malang Kaji Budaya Masyarakat Eropa Dari Native Speaker
25 Agustus 2023
UNMER Malang Sukses Gelar APMMA Webinar Indonesia Chapter
25 Agustus 2023

Perwakilan UNMER Malang Ikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi

17/07/2023

Universitas Merdeka (UNMER) Malang telah mengirimkan pustakawan, Gulita Ngudiana, S.I.Pust. untuk mengikuti acara bimbingan teknis pengembangan perpustakaan Perguruan Tinggi di Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia melalui unit kerja Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Acara tersebut berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Juli 2023 di Surabaya yang dihadiri oleh 100 orang peserta yang merupakan pustakawan atau tenaga perpustakaan perguruan tinggi yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Keikutsertaan UNMER Malang dalam acara ini merupakan upaya untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kualitas perpustakaan universitas.

Bimbingan teknis ini menghadirkan empat pembicara yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Drs. Nurcahyo, SS. Msi., Ir. Tiat S. Suwardi, M. Si., Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., dan Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom.

Drs. Nurcahyo, SS. Msi, Kepala Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, memaparkan strategi dan metode pembinaan perpustakaan di tingkat perguruan tinggi. Pembicaraan mengenai pengembangan koleksi, pembaruan teknologi informasi, dan peningkatan pelayanan menjadi fokus utama dalam materi ini.

Ir. Tiat S. Suwardi, M. Si., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, berbagi pengetahuannya mengenai kebijakan yang mendukung pengembangan perpustakaan di tingkat regional. Materi ini mencakup peran pemerintah daerah dalam menyediakan dukungan untuk perpustakaan di Perguruan Tinggi.

Ketua FPPTI Jawa Timur, Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., menjadi pembicara ketiga yang memberikan panduan praktis mengenai pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Materi ini mencakup peningkatan kualitas layanan, manajemen sumber daya, dan evaluasi kinerja perpustakaan.

Pembicara terakhir Andri Yanto, S.Sos., M.I.Kom., memperkenalkan konsep dan metode Kemas Ulang Informasi (KUI) dalam perpustakaan perguruan tinggi. Materi ini membahas pentingnya mengemas ulang informasi agar dapat diakses dengan lebih efektif dan efisien oleh pengguna perpustakaan.

Kehadiran perwakilan UNMER Malang dalam acara ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai strategi pembinaan, kebijakan daerah, kiat sukses pengelolaan, dan penerapan KUI dalam pengembangan perpustakaan. Dengan pengetahuan baru yang diperoleh, diharapkan UNMER Malang dapat meningkatkan kualitas perpustakaan universitas dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa dan masyarakat umum.

Acara bimbingan teknis ini juga menjadi ajang networking dan pertukaran pengalaman antara perwakilan perguruan tinggi di Provinsi Jawa Timur

Comments are closed.

Bahasa »